Tuesday, July 1, 2014

Donat Labu

donat

Siapa sih yang gak suka donat. Anak-anak??? Pasti suka, dari yang cuman pake gula bubuk sampai yang coklat leleh gak akan pernah mereka tolak. Mungkin karena bentuknya yang lucu, ada lubang di tengahnya membuat donat ini jadi camilan favorite. Saya juga suka. Saya cenderung suka donat yang bertekstur agak padat. Orang-orang sering menyebutnya donat kampung, hanya ditambah gula bubuk, tapi rasanya.....gak tertandingi dengan donat-donat modern.

Setelah beberapa kali mencoba donat kentang, kali ini saya beralih ke labu kuning. Ternyata hasilnya sama saja, sama empuk dan enak.  

Membuat donat bukan sesuatu yang melelahkan bagi saya. Itu berkat bantuan sang bread maker. Terima kasih banyak BM, tanpamu gak kebayang harus ngulenin adonan sampai elastis. Bagi yang suka bikin roti gak ada salahnya beli BM, gak akan rugi. Itu kata saya ya...karena saya pemalas. Gak sanggup ngulenin adonan. 
donat



Resep Donat Labu

Bahan :
300 gr terigu protein tinggi
100 gr labu kuning,kukus. Blender dg sedikit air hingga halus
30 gr gula pasir
1 sdt ragi (dry yeast), larutkan dengan 2 sdm air hangat diamkan hingga berbusa
1 kuning telur
50 ml air es
1/4 sdt garam
30 gr minyak goreng

Cara membuat :

Masukan semua bahan ke dalam bread maker, kecuali minyak dan garam. Saya memakai program untuk membuat dough ( 14 menit). Setelah bahan tercampur rata, masukan garam dan minyak. Biarkan hingga proses selesai. Diamkan adonan kurang lebih 30 menit. 
Timbang adonan 30 gr, bentuk bulat, diamkan 10 menit. Pipihkan adonan, beri lubang ditengahnya, diamkan 45 menit. Goreng dengan api sedang.
Donat bisa dihidangkan dengan taburan gula tepung, olesan margarin dan meisis ataupun coklat leleh. Selamat berdonat ria...

donat


Pumpkin

No comments:

Post a Comment