Tuesday, June 19, 2012

Donat Ubi

donat2_DSC0097

Daripada beli donat disupermarket,lebih baik bikin sendiri. Rasanya lebih enak dan lebih sehat tentunya. Kalo bikin donat saya selalu mengunakan umbi-umbian untuk mengurangi terigu. Setelah puas dengan donat kentang sekarang nyobain bikin donat ubi ungu. Disini ubi ungu dijual dalam bentuk frozen. Meringankan pekerjaan juga,gak usah repot menghaluskannya. 

Resep yang saya pake hampir sama kayak donat kentang,bedanya cuman dikuning telur. Saya hanya pake kuningnya saja. Margarinnya pun saya ganti pake minyak,lebih sehat katanya.

  donat1_DSC0089

Sebenarnya pengen banget bikin warnanya lebih ungu,tentunya dengan penamban pewarna. Tapi...gak lah ini kan buat anak-anak,sebisa mungkin dibuat dari bahan-bahan alami. Jadi gak seksi deh ungunya.


Resep Donat Ubi  

Bahan : 
250 gr tepung protein tinggi 
250 gr ubi ungu,kukus haluskan (saya pake yg frozen lalu dikukus) 
11 gr ragi instant 
2 butir kuning telur 
100 gr gula 
50 gr susu bubuk 
70 ml minyak goreng 
1/2 sdt garam 

Cara membuat :

  1. Campur terigu,ubi,ragi,gula,susu bubuk dan telur. Aduk rata,uleni hingga kalis.
  2. Tambahkan minyak goreng dan garam. Uleni kembali hingga elastis (adonan jika ditarik tidak mudah putus).
  3. Diamkan kurang lebih 45 menit atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat.
  4. Timbang adonan 30-40 gr,bentuk bulat. Diamkan selama 10 menit
  5. Pipihkan adonan,beri lubang ditengahnya. Diamkan selama 15 menit
  6. Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng donat hingga kecoklatan.
  7. Beri toping sesuai selera.

No comments:

Post a Comment